10 Manfaat Buah Naga yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

buah naga
Buah naga mungkin menjadi salah satu buah yang tampilan fisiknya membuat orang ingin tahu, khususnya bagi mereka yang belum pernah mencobanya. Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana rasa dari buah yang memiliki warna ungu ini. Namun tahukah anda dibalik bentuk dan warnanya yang ‘unik’ ini tersimpan manfaat kesehatan yang sangat besar, melampaui apa yang pernah anda bayangkan!
Buah naga tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis Amerika Selatan dan Asia. Sesuai namanya, kulit dari buah tersebut menyerupai sisik binatang mitos, yaitu naga. Buah ini kaya akan vitamin C, B1, B2 dan B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Dengan kandungan yang dimilikinya, tak heran buah naga dijuluki “buah super” diantara buah-buahan lainnya.
Di bawah ini kami telah merangkum berbagai manfaat buah naga untuk kesehatan.

10 Manfaat Buah Naga yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

1. Kardiovaskular (Jantung)
Salah satu manfaat buah naga yang sangat penting adalah memelihara kesehatan jantung. Biji dalam buah naga mengandungi asam lemak tak jenuh ganda (asam omega-3 dan omega-6 asam lemak) yang tinggi. Lemak sehat ini membantu mengurangi trigliserida dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Buah naga juga mengandung vitamin B3 yang menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, buah naga dikenal membantu menurunkan stres oksidatif, salah satu faktor utama dalam penyakit kardiovaskular (stres oksidatif didefinisikan sebagai kondisi dimana jumlah radikal bebas melampaui jumlah antioksidan yang kemudian dapat memicu berbagai penyakit).
2. Kanker
Manfaat buah naga lainnya yang tak kalah penting adalah mencegah kanker. Buah naga sarat dengan antioksidan seperti phytoalbumins (terletak dalam biji) yang membantu dalam pencegahan radikal bebas penyebab kanker. Mereka juga memiliki kadar vitamin C yang tinggi, yang membantu menghalangi pertumbuhan sel tumor, dan dapat meningkatkan kualitas hidup pasien saat menderita kanker (mengurangi gejala seperti kelelahan, mual, muntah, rasa sakit dan kehilangan nafsu makan). Buah naga juga dapat membantu membersihkan tubuh dari logam berat beracun, yang merupakan penyebab utama pada pembentukan tumor dalam tubuh.
3. Pencernaan dan metabolisme
Buah naga sangat tinggi serat! Kandungan serat dalam buah naga membantu mengatur pencernaan dan mencegah sembelit serta diare. Menjaga perut anda tetap penuh selama berjam-jam setelah anda makan adalah salah satu masalah yang dihadapi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Buah eksotis ini tidak hanya akan membuat anda puas untuk waktu yang cukup lama, tetapi akan membantu meningkatkan metabolisme anda dan mengendalikan berat badan. Buah naga juga membantu mengatur kadar gula darah (sekali lagi, karena kandungan serat yang tinggi), dan membantu tubuh anda dari lonjakan gula yang biasanya anda dapatkan setelah makan makanan manis (donat, kue, cookies, dll).
4. Kekebalan tubuh
Buah naga juga memiliki manfaat untuk kekebalan tubuh anda. Vitamin dan kandungan mineral yang tinggi dalam buah naga, mulai dari Vitamin C, B1, B2, B3, serta kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin dan serat, menjadikannya cara yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Sistem kekebalan tubuh anda dimulai dari saluran pencernaan dan buah naga adalah cara yang tepat untuk mendukung saluran pencernaan yang sehat. Mendapatkan jumlah vitamin dan mineral yang cukup dalam diet anda membantu mencegah anda dari sakit dan terkena infeksi. Selain itu, antioksidan dalam buah naga dapat membantu melawan bakteri dan virus dalam tubuh. Kadar air yang mencapai 80% dari buah naga juga akan membantu membuang racun, yang beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit, baik saat ini maupun di masa mendatang.
5. Mata
Terjadi peningkatan penglihatan dari makan buah naga? Ya, sangat mungkin terjadi! Buah ini mengandung vitamin A dalam bentuk karoten yang dibutuhkan oleh retina mata baik untuk cahaya rendah (night vision) dan penglihatan warna. Rabun senja dan masalah mata lainnya seperti degenerasi makula terkait usia dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin A.
6. Sistem saraf
Manfaat buah naga berikut ini mungkin tidak anda duga. Kandungan vitamin B yang tinggi dalam buah naga membantu mendukung pembentukan dan pemeliharaan beberapa struktur yang paling mendasar dalam sistem saraf. Vitamin B membantu dalam pembentukan sel-sel saraf dan membuat kita lebih waspada. Kalsium dalam buah naga juga penting dalam meningkatkan fungsi sistem saraf. Kalsium membuat saraf kita sehat dan memastikan kemampuan mereka untuk berkomunikasi secara efektif. Lemak sehat dalam buah naga juga penting untuk membantu memelihara dan melindungi selubung myelin, yang memungkinkan sinyal diantar secara tepat dalam otak.
7. Tulang dan gigi yang kuat
Manfaat buah naga lainnya yang tak kalah penting adalah membantu menciptakan tulang dan gigi yang kuat. Karena merupakan sumber kalsium dan fosfor yang baik, buah naga membantu memperkuat tulang dan gigi serta membantu dalam pembentukan dan perbaikan jaringan. Kedua nutrisi penting tersebut bekerja sama erat untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, sehingga membantu mencegah terjadinya tulang rapuh dan osteoporosis. Saling ketergantungan dari dua mineral ini berarti bahwa mengkonsumsi suplemen kalsium tidak semata-mata langsung membantu kesehatan tulang anda, sebagaimana layaknya jika mengkonsumsi buah naga utuh yang mengandung kombinasi dari dua mineral ini. Selalu diingat bahwa baik kalsium dan fosfor diperlukan untuk mendukung setiap peningkatan massa tulang.
8. Kulit bersinar
Kandungan biji yang tinggi dalam buah naga menjadikannya sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang akan meningkatkan tampilan dan nuansa kulit kita. Hampir semua buah yang kaya antioksidan, termasuk buah naga, jika dikonsumsi secara langsung (mentah) akan mencegah radikal bebas dan membuat anda tidak hanya terlihat lebih muda, namun membuat kulit anda lebih kencang, lebih fleksibel dan lebih berkilau!
9. Anti-inflamasi
Salah satu manfaat buah naga yang cukup populer adalah sebagai anti-inflamasi yang kuat, karena buah naga dapat membantu mengurangi iritasi pada sendi. Peradangan dalam tubuh yang disebabkan oleh kebiasaan makan dan pilihan gaya hidup yang tidak sehat (merokok, alkohol, narkoba, dll) menciptakan lingkungan asam yang bermanifestasi pada berbagai penyakit seperti arthritis, kanker, dan diabetes. Ketika kita mulai menggantikan makanan yang tidak sehat dengan makanan sehat, seperti buah naga, kita akan melihat bahwa rasa sakit dan nyeri yang menghantui hari-hari kita, tiba-tiba memudar. Ganti makanan manis favorit anda dengan buah-buahan seperti buah naga akan membantu meningkatkan kondisi tubuh anda menjadi lebih baik.
10. Anti penuaan
Manfaat buah naga berikut ini mungkin salah satu yang terfavorit. Anda bisa melupakan krim anti-penuaan dan menghemat jutaan rupiah dengan mengkonsumsi buah naga! Vitamin dan mineral yang tinggi serta kandungan antioksidan dalam buah naga menghasilkan anti penuaan yang sangat baik! Antioksidan bekerja melawan radikal bebas dalam tubuh yang tidak saja bertanggung jawab untuk berbagai jenis penyakit, namun juga untuk penuaan kulit anda. Semakin banyak buah dan sayuran segar yang anda konsumsi, kulit anda akan terlihat lebih kencang dan lebih muda.
Jadi, sudahkah terdapat buah naga dalam lemari pendingin anda?
Previous
Next Post »